GBPP AKUNTANSI MANAJEMEN

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN

  Mata Kuliah        :     Akuntansi Manajemen

Kode / SKS         :     MPS – 343 / 3 sks

Program Studi     :     Akuntansi / Manajemen Perusahaan

Deskripsi            :     Akuntansi manajemen merupakan salah satu bidang ilmu akuntansi. Mata kuliah ini akan menjelaskan berbagai konsep, metode dan perekayasaan dalam melakukan penyusunan laporan keuangan yang akan dipergunakan oleh pihak intern (manajemen) dalam pengambilan keputusan manajerial.

TIU                     :     Mahasiswa diharapkan dapat memahami dan terampil dalam melakukan penyusunan laporan keuangan untuk pengambilan keputusan manajerial.

No TIK Pokok Bahasan / Sub Pokok Bahasan Waktu Sumber
1. Mahasiswa dapat menjelaskan definisi, karakteristik serta berbagai tipe informasi akuntansi manajemen Konsep Dasar Akuntansi Manajemen·         Definisis akuntansi manajemen ·         Karateristik dan perbedaan akuntansi manajemen dengan akuntansi keuangan·         Tipe-tipe informasi akuntansi manajemen 3 x 50 menit A,B dan D
2. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang berbagai pusat pertangungjawaban serta penerapan informasi akuntansi pertanggungjawaban (responsibility accounting). Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban·         Definisi pusat-pusat pertanggungjawaban (responsibility center)·         Karakteristik dan penerapan informasi akuntansi pertanggungjawaban 3 x 50 menit A,B dan D
3. Mahasiswa dapat menjelaskan dan melakukan penentuan pola perubahan biaya (perilaku biaya) dalam kaitannya dengan perubahan kegiatan pada organisasi/perusahaan. Perilaku Biaya·         Definisi biaya dan perilaku biaya·         Metode-metode dan cara penentuan perilaku biaya·         Klasifikasi biaya 6 x 50 menit B dan D
4. Mahasiswa dapat menjelaskan definisi harga pokok variabel (variable costing) serta melakukan perhitungan harga pokok variabel (variable costing). Penentuan Harga Pokok Variabel (Variable Costing)·         Definisi variable costing.·         Perbedaan antara variable costing dan full costing.·         Penyusunan laporan keuangan metode variable costing 3 x 50 menit A,B dan D
5. Mahasiswa dapat menjelaskan dan melakukan analisis biaya relevan untuk pengambilan keputusan khusus. Biaya Relevan dalam Pengambilan Keputusan Khusus·         Definisi dan Konsep dasar biaya relevan dalam pengambilan keputusan·         Keputusan menerima atau menolak  penjualan khusus·         Meneruskan atau menutup sementara suatu produk/departemen·         Membuat sendiri atau mambeli dari luar perusahaan·         Menjual atau memproses lebih lanjut hasil produksi·         Menyewakan atau menjual aktiva yang menganggur 9 x 50 menit A,B dan D
6. Mahasiswa dapat  melakukan penentuan harga jual produk.  Penentuan Harga Jual Produk·         Teori harga dan perilaku konsumen·         Strategi penentuan harga jual produk·         Metode-metode dan cara penentuan harga jual produk 6 x 50 menit A,B dan D
7. Mahasiswa dapat menjelaskan dan melakukan penentuan harga transfer suatu produk.

Penentuan Harga Transfer

·         Definisi harga transfer·         Metode-metode dan cara penentuan harga transfer·         Kelebihan dan kelemahan masing-masing metode dalam penentuan harga transfer

6 x 50 menit A,B dan D
8. Mahasiswa dapat menjelaskan dan melakukan analisis dalam pengambilan keputusan investasi. Analisis Keputusan Investasi·         Macam dan jenis investasi·         Metode-metode dan cara penilaian keputusan investasi·         Kelebihan dan kelemahan masing-masing metode penilaian keputusan investasi 6 x 50 menit A,B dan D
9. Mahasiswa dapat menjelaskan current-current issue dalam akuntansi manajemen kontemporer. Akuntansi Manajemen Kontemporer (AMK)·         Perkembangan teori akuntansi manajemen·         Activity based costing (ABC) sistem·         Just in time (JIT) konsep 6 x 50 menit B dan C

 Keterangan :A, B, C dan D adalah Buku Sumber yaitu :A   =    Abdul Halim dan Bambang Supomo, Akuntansi Manajemen, BPFE Yogyakarta, 1993.B   =    Armila Krisna W., Akuntansi Manajemen, Penerbit Graha Ilmu, 2006.  C   =    Amin Widjaja Tunggal, Activity Based Costing: Untuk Manufakturing dan Pemasaran, Penerbit Harvarindo, 1995.D   =    Mulyadi, Akuntansi Manajemen: Konsep, Manfaat dan Rekayasa, BPFE YKPN Yogyakarta, 1996. 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: